Sabtu, 29 Oktober 2011

Kebakaran Pasar Rembang Akibat Korsleting

Pusat Laboratorium Forensik Polri Cabang Semarang mengungkapkan bahwa kebakaran Pasar Kota Rembang, Jawa Tengah, pada 7 September 2011, disebabkan oleh korsleting akibat adanya sambungan kabel instalasi listrik yang kendur.

"Informasi itu kami terima dari Puslabfor Polri Cabang Semarang yang baru saja menyelesaikan penelitian mengenai penyebab kebakaran Pasar Kota Rembang," kata Kepala Kepolisian Resor Rembang AKBP Adhy Fandy Ariyanto di Rembang, Kamis.

Kapolres yang didampingi Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Rembang AKP Sugirman mengemukakan bahwa berdasarkan penelitian Puslabfor, sambungan kabel instalasi listrik yang longgar dan kendur menjadi penyebab terjadinya korsleting.

"Korsleting menyebabkan adanya percikan bunga api listrik dan menyulut barang-barang yang mudah terbakar di lokasi api pertama kebakaran," kata dia.Ia menyebutkan lokasi api pertama kebakaran berada di antara batas petak sepatu sandal dan petak kosong pada Los Flamboyan Blok F Pasar Kota Rembang dengan koordinat satu meter dari batas los sebelah selatan dan empat meter dari batas los sebelah timur.

"Ini sekaligus membantah adanya dugaan bahwa lokasi api pertama kebakaran berada di Los Kamboja Pasar Kota Rembang atau berasal dari sisa api tungku bakso milik Siswanto Yudi alias Rambo," kata dia.

Menurut Kasatreskrim, penelitian Puslabfor atas penyebab kebakaran Pasar Kota Rembang tersebut sudah final, namun hasil penelitiannya masih berada di Puslabfor Polri Cabang Semarang. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar